Breaking News

VM atau VPS

Kapankah Sebuah Website Disarankan Memakai VM atau VPS Hosting?

Dalam membangun sebuah website yang berkualitas dan terdiri dari berbagai macam software yang bisa mempermudah kamu dalam membagikan berbagai informasi, tentunya tidak bisa dilepaskan dari kebutuhannya akan hosting. Hosting merupakan kebutuhan yang umum dalam pengelolaan sebuah website, terdapat berbagai macam hosting disediakan oleh layanan penyedia domain dan hosting untuk mengakomodasi kebutuhan para pengguna atau pengelola website. Ada yang berjenis Shared Hosting, kemudian ada juga VM atau VPS Hosting, dan ada juga yang berjenis Cloud Hosting.

Ketiganya dibedakan dalam kecepatan akses pada sebuah website, kemudian berbagai software yang bisa dipasang didalamnya, dan lain sebagainya. Nah pada kesempatan ini, kita akan membahas terkait VM atau VPS hosting dan kapan pada website yang kamu kelola harus menggunakan VPS?

Definisi VM atau VPS

VM atau VPS merupakan singkatan yang dibentuk dari Virtual Private Server yang dikenal sebagai layanan yang dibangun secara virtual, yang mana bisa memberikan keleluasaannya kamu dalam mengelola website secara mandiri. Dengan VPS kamu akan diberikan ruang penyimpanan yang lebih besar, sehingga websitemu dapat diakses lebih cepat. Kemudian secara kekuatan VPS dikenal sebagai hosting yang mempunyai kekuatan dan fleksibilitas yang patut untuk digunakan oleh sebuah website yang mempunyai traffic pengunjung yang besar setiap waktunya.

Pada VPS hosting kamu pun bisa menggunakan SIstem Operasi secara mandiri dan kamu juga berkesempatan memberikan beberapa software pada websitemu sesuai dengan kebutuhanmu. Secara harga memang akan lebih mahal daripada shared hosting, namun pada website yang traffic pengunjungnya besar dan agar tidak mengganggu kenyamanan saat mengaksesnya kamu bisa menggunakan VPS hosting sebagai solusi yang tepat.

Pada VPS hosting kamu diibaratkan mempunyai satu komputer dalam wujud virtual yang bisa kamu kelola sendiri. Berbeda dengan shared hosting yang mana satu komputer harus dibagi dengan pengguna hosting lainnya.

Kapan Kamu Harus Menggunakan VPS?

Perlu kamu tau jika VPS hosting tidak dibutuhkan oleh semua pengelola website. Karena jika kamu masih pemula dalam pengelolaan website, mengelola VPS hosting secara mandiri akan sangat membingungkan karena VPS hosting merupakan hosting yang belum diatur sistemnya dan kamu harus memprogramnya secara mandiri. Sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan VPS hosting ada beberapa hal yang perlu masuk dalam pertimbangmu.

  • Ketika website yang kamu kelola sudah mempunyai traffic pengunjung yang besar dan bisnismu sudah berkembang maka menggunakan shared hosting akan mengganggu kenyamanan para pengunjung websitemu dan kamu pun tidak bisa memberikan pelayanan yang lebih karena penyimpanan yang kamu punya terbatas sehingga tidak bisa menggunakan software yang kamu butuhkan untuk mengupgrade website milikmu. Nah dengan VPS hosting kamu akan mendapat ruang penyimpanan yang lebih besar dengan harga yang harus kamu bayar tidak terlalu mahal seperti jika kamu menggunakan dedicated hosting.
  • Kebutuhan menggunakan software atau aplikasi yang dengan shared hosting kamu tidak bisa menjalankannya.
  • Jika traffic website yang kamu miliki besar tentunya situsmu akan rentan dalam mendapatkan serangan. Apalagi jika kamu hanya menggunakan shared hosting, yang mana jika suatu situs lain di serang maka ada kemungkinan untuk situsmu juga mendapatkan serangan yang sama. Nah dengan VPS hosting keamanan websitemu akan lebih terjaga loh.
  • Tidak perlu berurusan dengan yang namanya bandwidth, karena VPS dari Domainesia menawarkan bandwidth yang tak terhingga sehingga akses ke wesbitemu akan semakin cepat. Sedangkan jika shared hosting kamu harus puas dengan yang namanya maksimun bandwidth, karena kamu harus berbagai dengan mereka yang juga menggunakan shared hosting pada server yang sama.

Manfaat dari Menggunakan VPS Hosting

Menggunakan VPS hosting tentunya juga memberikan beberapa manfaat yang mana bisa meningkatkan performa website kamu. Nah berikut ini beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika kamu harus menggunakan VPS hosting.

  • Dapat menyimpan file hosting yang besar yang mana tidak hanya bisa diakses olehmu tetapi juga bisa diakses oleh pengunjung websitemu. Pada VPS hosting juga memungkinkan untuk kamu menikmati berbagai fitur penyimpanan secara online diantaranya ada layanan file sharing antar tim kamu, kemudian back up, menyimpan berbagai software, lalu gambar, berbagai video, dan lain sebagainya.
  • VPS dapat kamu fungsikan sebagai VPN atau yang dikenal dengan Virtual Private Network dimana kamu yang membutuhkan sebuah jaringan pribadi antar karyawan bisa saling menyimpan data dan kamu juga bisa bertukar berbagai data. Nah pertukaran data akan aman kamu lakukan melalui VPS yang kamu fungsikan sebagai VPN.
  • Sebagai remote desktop, yang artinya kamu dapat mengakses komputer server secara penuh tanpa terbatas lokasi.
  • Dapat kamu gunakan sebagai server percobaan. Harganya yang cenderung terjangkau dan kapasitasnya yang mendukung untuk optimasi sebuat software atau aplikasi membuat orang tak ragu untuk menggunakan VPS hosting.

Nah itulah hal-hal dasar yang perlu kamu ketahui sebelum kamu menggunakan VM atau VPS hosting. Namun jika kamu masih awal dalam membangun bisnis websitemu ada baiknya jika kamu mulai dengan menggunakan shared hosting daripada VPS hosting selain penggunaanmu belum besar kamu juga akan lebih dimudahkan karena ada yang membantu dalam mengelola ruang penyimpananmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *